Vaksin BCG merupakan salah satu vaksinasi wajib di Indonesia. Hal ini dikarenakan Indonesia masih memiliki angka kasus TBC yang tinggi. Vaksinasi BCG hanya dilakukan 1 kali dan diberikan pada bayi di usia 2 atau 3 bulan dan diberikan melalui suntikan pada kulit bayi. (PMK Nomor 12 tahun 2017 tentang Penyelenggaraan Immunisasi).

Vaksin BCG juga aman diberikan dan tidak memperburuk kondisi saat seseorang memiliki alergi. Vaksin BCG sejauh ini aman untuk orang yang memiliki alergi terhadap lateks (sejenis karet), penisilin, produk susu, telur, atau kacang-kacangan. Meski demikian apabila seseorang memiliki kekhawatiran, maka perlu mengkomunikasikan hal tersebut dengan bidan, tenaga kesehatan, dokter atau perawat sebelum melanjutkan vaksinasi. 

Meski demikian Vaksin BCG jarang diberikan pada orang dewasa berusia di atas 16 tahun. Hal ini dikarenakan kinerja vaksin ini akan kurang optimal pada pasien dewasa. Namun vaksin BCG dapat diberikan kembali bagi orang dewasa yang memiliki risiko tinggi terpapar bakteri penyebab tuberkulosis, sebagai contoh petugas kesehatan di rumah sakit yang berisiko terpapar.

Sumber:

Editor: Melya, Wera Damianus
Gambar: Melya