Untuk mendeteksi TBC (tuberkulosis), dokter akan melakukan wawancara dan pemeriksaan fisik. Jika pasien diduga mengalami TBC, dokter akan meminta pasien melakukan pemeriksaan dahak yang disebut pemeriksaan BTA. Pemeriksaan BTA juga dapat dilakukan menggunakan sampel selain dahak, untuk kasus TBC yang terjadi bukan di paru-paru.

Selain pemeriksaan BTA atau dahak, dokter dapat melakukan serangkaian pemeriksaan lain sebagai pendukung diagnosis, seperti Foto Rontgen, CT scan, Tes kulit Mantoux atau Tuberculin skin test, dan Tes Darah IGRA (interferon gamma release assay). Pada artikel ini akan dibahas mengenai Tes kulit Mantoux atau Tuberculin skin test, dan Tes Darah IGRA yang meliputi bagaimana tes tersebut dilakukan dan siapa yang perlu melakukan tes tersebut.

Tes kulit Mantoux atau Tuberculin skin test

Uji kulit tuberkulin atau Mantoux tes merupakan salah satu jenis uji yang digunakan untuk penunjang diagnosis TBC. Tes ini bertujuan untuk mengetahui apakah seseorang yang memiliki kontak erat terinfeksi kuman TBC namun belum mengidap TBC aktif. Tes ini dilakukan dengan menyuntikkan 0,1 ml tuberkulin purified protein derivative (PPD) ke permukaan bagian dalam lengan bawah. Injeksi harus dilakukan dengan jarum suntik tuberkulin, dengan bevel jarum menghadap ke atas.

Tes Darah IGRA

Tes darah TBC seringkali juga disebut dengan interferon-gamma release assays atau IGRA. Tes ini merupakan pemeriksaan darah yang digunakan untuk menentukan TBC laten dengan mengukur respons imun seseorang yang sebelumnya pernah terkena tuberkulosis aktif. IGRA merupakan pemeriksaan lanjutan yang biasanya dilakukan setelah dokter mengenali adanya tanda-tanda yang dicurigai sebagai gejala khas TBC.

IGRA bertujuan untuk melihat apakah bakteri tuberculosis ada di dalam tubuh atau tidak, dan tes ini alam tahap pemeriksaan TBC, tes ini dilakukan sebagai pemeriksaan lanjutan setelah dokter melakukan pemeriksaan fisik.


Sumber:

https://www.cdc.gov/tb/publications/factsheets/testing/skintesting.pdf?s_cid=tw-cdctb_publication202107230001

https://www.cdc.gov/tb/topic/testing/tbtesttypes.htm?s_cid=tw-cdctb_resources202109070004

https://hellosehat.com/pernapasan/tbc/tes-igra/

 

Editor: Melya, Yeremia PMR
Gambar: Amadeus Rembrandt