Tepat jam 23:59 WIB tanggal 20 Maret 2022 lalu, lomba "Temukan dan Cegah TBC dengan Aplikasi SOBAT TB" dalam rangka peringatan Hari Tuberkulosis Sedunia 24 Maret 2022 resmi ditutup.

Terlihat sekali bagaimana antusiasme kader dan petugas kesehatan ikut dalam perlombaan ini, seperti yang dapat dilihat dari gambar berikut:


Jumlah peserta yang mengikuti perlombaan ini adalah 229 peserta dari 58 Kabupaten/ Kota di 20 Provinsi yang ada di Indonesia. Dari data tersebut juga dapat dilihat jika kontak yang berhasil diinvestigasi adalah sebanyak 19.682 orang dari 1.438 kasus indeks.


Dari kegiatan skrining yang telah dilakukan, ditemukan sebanyak 1.618 orang kontak yang bergejala dan berisiko tinggi TBC, 2.508 orang kontak serumah yang terpapar TBC, kemudian dilakukan pemeriksaan TBC pada 1.067 orang.


Dari pemeriksaan tersebut, ternyata ditemukan 55 orang terdiagnosis TBC dan berhasil memberikan TPT kepada 436 orang kontak serumah dan ODHIV. Luar biasa!

Kebayang ga, seberapa banyak orang yang bisa diskrining jika kita bergerak bersama?

Yayasan KNCV Indonesia mengapresiasi antusiasme dari para kader dan tenaga kesehatan. Perjalanan ini baru saja kita mulai, kita masih perlu gerakan yang jauh lebih besar.

Kita harus sama-sama percaya, jika kita bisa Eliminasi TBC di Indonesia!

Siap menjadi bagian dari perjalanan panjang ini?